KANTOR URUSAN INTERNASIONAL UP45 HADIRI DISKUSI SOUTHEAST ASIAN MINISTERS OF EDUCATION ORGANIZATION (SEAMEO)

Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta  Rr. Putri Ana Nurani,SS,MM menghadiri diskusi bertema “Sinergi Asia Tenggara” pada hari Sabtu 19 Januari 2019 pukul 15.00-17.00wib di Sasanti Restaurant, Jl. Palagan Tentara Pelajar No 52 A Panggung Sari Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Acara menghadirkan narasumber Dr. Gatot Hari Priowirjanto, Director of SEAMEO Secretariat. Adapun acara diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII) bekerjasama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO).

Dalam sambutannya Wakil Rektor IV, Bidang Networking dan Kewirausahaan Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D.,mengatakan dalam diskusi akhir pekan ini UII ingin mengajak para mitra perguruan tinggi untuk bersilaturahmi dan dapat saling bekerjasama bersinergi dalam membangun kerjasama melalui SEAMEO.   “Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sendiri sudah mengirimkan sebelas mahasiswa untuk mengikuti Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) 2019 Batch 7.” Program ini ditujukan untuk memberikan pengalaman kepada para mahasiswa menjalani praktik mengajar di sekolah-sekolah beberapa negara Asia Tenggara. Untuk kali ini, sekolah-sekolah di Filipina dan Thailand. Menurutnya, melalui kegiatan SEA-Teacher Project akan membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan diri seiring tingginya persaingan di antara negara-negara Asia Tenggara saat ini.”

Direktur Kemitraan Kantor Urusan Internasional UII Hangga Fathana menambahkan terkait program SEA –Teacher Project mahasiswa akan bertemu dan bertukar ilmu di negara yang dituju. Sehingga tidak hanya belajar bagaimana proses belajar mengajar di negara tersebut tapi juga belajar budaya yang ada lingkungan tersebut.. SEA-Teacher Project merupakan program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru agar memiliki pengalaman mengajar (praktikum) di sekolah-sekolah di kawasan Asia Tenggara. Tidak hanya program SEA-Teacher Project, ada banyak program yang ditawarkan oleh SEAMEO termasuk SEA-TVET MOOC.

Dr. Gatot Hari Priowirjanto, Director of SEAMEO Secretariat memberikan kesempatan bagi universitas mitra untuk bisa bergabung, dengan cara mengajukan permohonan kerjasama, mengirimkan serta menerima mahasiswa yang akan magang apakah magang diindustri mitra kerjasama perguruan tinggi, ataupun magang mengajar di sekolah atau binaan dari perguruan tinggi. Melalui kegiatan ini Kantor Urusan Internasional UP45 diharapkan dapat merespon dengan cepat kerjasama yang sudah dibuka, terlebih SEAMEO memberikan kesempatan atau memfasilitasi perguruan tinggi untuk bisa menuju world class university, sehingga nantinya setiap perguruan tinggi atau universitas bisa bekerjasama secara mandiri, segera  membuat MOU, MOA untuk pelaksanaan kerjasama sesudahnya, terlebih mahasiswa yang dikirim berasal dari berbagai universitas berbeda.. Kepala KUI UP45 Putri sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak UII dan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) yang sudah menggelar diskusi pada hari itu. Kepala Divisi Kerjasama, Direktorat Kemitraan/Kantor Urusan Internasional UII, Herman Felani,SS,MA “terkait magang yang ditawarkan bisa dilaksanakan selama 1 bulan, atau 6 bulan, sesuai kesepakatan.”Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Urusan Internasional dari beberapa universitas diantaranya UNY, UPNVY, ISI Jogja, UTY, Widya Wiwaha, Mercu Buana, dan perwakilan universitas lainnya.