April 25, 2024

Direktur Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Indonesia Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM menyambut baik kehadiranUniversitas Oriental Timor Lorosae Timor Leste. Ketua Jurusan Teknik Perminyakan Universidade Oriental Timor Lorosae Pascoal,ST mengatakan bahwa kunjungannya ke Universitas Proklamasi selain napak tilas sebagai salah satu alumni dari Teknik Perminyakan UP45, juga ingin menjalin kerjasama dengan almamaternya tersebut. Pascoal “Universitas Proklamasi 45 sudah meluluskan banyak orang hebat di Timor Leste, bahkan menduduki posisi-posisi strategis baik dalam bidang pendidikan maupun kebijakan.  Dengan hadirnya dosen yang kompenten, saya bangga berkuliah di Universitas Proklamasi 45”.

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta didirikan pada tanggal 17 Agustus 1964 oleh Yayasan Universitas Proklamasi 45 dengan akta pendirian No. 26  tahun 1965. Selain itu Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta berlokasi di wilayah kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya di  Jalan Proklamasi No. 1 Babarsari, Yogyakarta. Universitas Proklamasi dikenal dengan The University of Petroleum.  

Dalam kesempatan tersebut, mewakili Universitas, Pascoal membahas tentang kerjasama antara Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Indonesia dengan Universitas Oriental Timor Lorosae, Timor Leste, juga pembahasan akan dilaksanakannya studi banding dan berbagai kerjasama lainnya antara UP45 dan UNITAN. Nantinya para mahasiswa yang mengikuti studi banding merupakan mahasiswa yang berasal dari Jurusan Teknik Perminyakan Universitas Oriental Timor Lorosae, Timor Leste.

Pascoal menjelaskan, alasan pihaknya melakukan studi banding di Jurusan Teknik Perminyakan karena menurutnya Timor Leste sebagai negara yang baru berdaulat sangat membutuhkan pengetahuan dan informasi terkait bagaimana membangun Timor Leste dari segi perminyakan baik secara regional dan nasional. Alasan pilih UP45 sebagai objek studi banding karena ada ada program studi yaitu Teknik perminyakan. Alasan lainnya, karena pihaknya menilai peralatan dan laboratorium yang dimiliki oleh Jurusan teknik perminyakan UP45  telah memenuhi SOP dan memiliki tenaga dosen yang telah berpengalaman dalam dunia akademik.”

Diharapkan melalui studi banding ini, ilmu dan pengalaman yang didapatkan pihaknya selama studi banding nantinya akan diterapkan untuk mengembangkan Timor Leste. Dirinya berharap, kerja sama yang telah dibangun antar kedua lembaga tersebut dapat terus didorong dengan kerja sama lanjutan lainnya seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, serta pelaksanaan seminar atau kegiatan lainnya. Kunjungan dilaksanakan pada hari Senin, 4 Februari  2019 pukul 09.30 -12.00wib., bertempat di Gedung Sukarno Ruang 103 A Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut pihak UNITAN didampingi oleh Leoneto Bardos de Jesus